Minggu, 28 September 2014

100 Istilah Di Dalam Dunia Ekonomi

1. Aktiva adalah sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat usaha di kemudian hari.

2. Akun adalah suatu media untuk mengklasifikasikan dan mencatat penambahan dan pengurangan dari tiap unsur-unsur laporan keuangan.
3. Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

4. Alokasi biaya adalah pembagian jumlah segolongan biaya kepada sejumlah rekening dengan tujuan mengidentifikasi biaya dengan produk yang dihasilkan oleh barang atau jasa itu.

5. Anggaran adalah sejumlah uang yang dihabiskan dalam periode tertentu untuk melaksanakan suatu program.

6. Anggaran kas adalah anggaran yang memerinci taksiran penerimaan dan pengeluaran uang tunai dalam suatu kurun masa yang akan datang sebagai alat untuk memelihara likuiditas.

7. Arus kas adalah suatu laporan keuangan yang berisikan pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi dan kegiatan transaksi pembiayaan serta kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama satu periode.

8. Asuransi adalah sebuah sistem untuk merendahkan kehilangan finansial dengan menyalurkan risiko kehilangan dari seseorang atau badan ke lainnya.

9. Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan, umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan bank note.

10. Bank sentral adalah sebuah instansi yang bertanggung jawab atas kebijakan moneter di wilayah tersebut.


11.  Barang adalah suatu objek yang memiliki nilai.

12. Barang komplementer adalah barang yang dapat melengkapi fungsi dari barang lainnya.

13. Barang substitusi adalah barang yang dapat mengganti fungsi barang lainnya.

14. Barter adalah kegiatan tukar menukar barang atau jasa yang terjadi tanpa menggunakan uang.

15. Beban adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal.

16. Biaya langsung adalah elemen biaya yang memiliki kaitan langsung dengan volume pekerjaan yang tertera dalam item pembayaran atau menjadi komponen permanen hasil akhir proyek.

17. Biaya tetap adalah jenis biaya yang bersifat statis (tidak berubah) dalam ukuran tertentu.

18. Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba.

19. Bunga bank adalah keuntungan yang diberikan oleh bank kepada nasabah dalam jangka waktu tertentu berdasarkan persentase dan jumlah tabungan nasabah.

20. Bursa efek adalah sebuah pasar yang berhubungan dengan pembelian dan penjualan efek perusahaan yang sudah terdaftar di bursa itu.

21. Daya beli adalah kemampuan membayar untuk memperoleh barang dan jasa yang dikehendaki atau diperlukan.

22. Debit adalah nilai transaksi yang ada disebelah kiri persamaan akuntansi.

23. Defisit adalah selisih antara penerimaan dan pengeluaran dimana pengeluaran melebihi penerimaan.

24. Deflasi adalah suatu periode dimana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah.

25. Devisa adalah semua benda yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran dengan luar negeri yang diterima dan diakui luas oleh dunia internasional.

26. Diskriminasi harga adalah tindakan penjualan dalam menjual barang yang sama di bawah pengawasan produksi yang sama dengan harga berbeda kepada pembeli yang berbeda.

27. Distributor adalah orang atau lembaga yang melakukan kegiatan penyaluran barang dari produsen ke konsumen.

28. Efisiensi adalah suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari segi besarnya biaya untuk mencapai hasil dari kegiatan yang dijalankan.

29. Ekonomi makro adalah pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

30. Ekonomi mikro adalah pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara lebih spesifik.

31. Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain.

32. Ekulibrium adalah suatu kumpulan variabel-variabel terpilih yang saling berhubungan dan disesuaikan satu dengan lainnya sehingga tidak ada kecenderungan yang melekat dalam model tersebut berubah.
33. Ekuitas adalah modal atau kekayaan perusahaan, yang terdiri dari selisih jumlah aktiva dikurangi dengan pasiva.

34. Elastisitas permintaan adalah derajat kepekaan fungsi permintaan terhadap perubahan yang terjadi pada variabel-variabel yang mempengaruhinya.

35. Faktur pajak adalah bukti pungutan pajak yang dibuat oleh pengusaha kena pajak yang melakukan penyerahan barang atau jasa kena pajak atau bukti pungutan pajak karena impor barang kena pajak yang digunakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

36. Faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa.

37. Giro adalah pembayaran yang diberikan pihak pembayar ke bank penerima pembayarannya, dan selanjutnya akan ditransfer kepada pihak bank penerima langsung ke akun penerima pembayaran.

38. Harga adalah salah satu unsur dalam pemasaran yang mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan suatu kegiatan pemasaran.

39. Hukum penawaran adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.

40. Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta.

41. Impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain.

42. Indeks harga konsumen adalah suatu ukuran statisktik yang dapat menunjukkan perubahan-perubahan pada harga komoditas dan jumlah barang yang diminta oleh konsumen dari waktu ke waktu

43. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang disebabkan oleh berbagai faktor.

44. Investasi adalah pembelian dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang.

45. Invoice adalah dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan.
46. Jasa adalah setiap tindakan yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun.
47. Jurnal adalah catatan akuntansi permanen yang pertama yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun yang di debit maupun yang di kredit.
48. Kartel adalah organisasi para produsen yang sepakat untuk menjadi penjual tunggal.
49. Kebijakan moneter adalah proses mengatur persediaan uang sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu, seperti menahan inflasi dan mencapai target untuk mensejahterakan pekerja.
50. Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia untuk mempertahankan hidup.
51. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi.
52. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi.
53. Kliring adalah suatu tata cara perhitungan utang piutang dalam bentuk surat-surat dagang dan surat-surat berharga dari suatu bank terhadap bank lainnya.
54. Komoditas adalah sesuatu benda nyata yang relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu, dan dapat dipertukarkan dengan produk lainnya dengan jenis yang sama yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka.
55. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang atau jasa yang tersedia dalam masyarakat.
56. Koperasi adalah bidang usaha beranggotakan badan usaha atau orang dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
57. Kredit adalah nilai transaksi yang ada di sebelah kanan persamaan akuntansi.
58. Krisis moneter adalah krisis yang berhubungan dengan keuangan suatu negara.
59. Kurs adalah harga sebuah mata uang dari suatu negara yang diukur dalam mata uang lainnya.
60. Kwitansi adalah selembar surat bukti yang menyatakan bahwa telah terjadi penyerahan sejumlah uang dari pemberi kepada penerima yang harus menandatangani bukti tersebut.
61. Laba adalah selisih antara harga penjualan dengan biaya produksi.
62. Laba bersih adalah selisih antara jumlah keseluruhan pendapatan dan jumlah keseluruhan biaya pada jangka waktu tertentu.
63. Modal adalah uang yang dipakai sebagai pokok untuk berdagang.
64. Monopoli adalah suatu situasi dalam pasar dimana hanya ada satu atau segelintir perusahaan yang menjual produk tertentu yang tidak punya pengganti yang mirip dan ada hambatan bagi perusahaan lain untuk masuk dalam bisnis tersebut.
65. Neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan posisi keuangan suatu perusahaan pada akhir periode tertentu.
66. Obligasi adalah surat berharga yang berisi kontrak pengakuan hutang atas pinjaman yang diterima oleh penerbit obligasi dari pemberi pinjaman.
67. Pajak adalah iuran kepada kas negara berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapat balas jasa secara langsung.
68. Pasar adalah tempat terjadinya transaksi jual beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.
69. Pasiva adalah pengorbanan ekonomis yang harus dilakukan oleh suatu perusahaan pada masa yang akan datang.
70. Pegadaian adalah lembaga keuangan yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan jaminan barang-barang bergerak.
71. Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan untuk dijual pada berbagai tingkat harga dalam suatu pasar pada waktu tertentu.
72. Pendapatan adalah penghasilan yang timbul dari aktivitas perusahaan.
73. Permintaan adalah keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
74. Perseroan terbatas adalah persekutuan untuk menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham yang pemiliknya memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya.
75. Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.
76. Pinjaman lunak adalah fasilitas pinjaman dengan syarat-syarat pelunasan ringan, tingkat suku bunga rendah, dan berjangka waktu panjang.
77. Piutang adalah hak perusahaan untuk menerima sejumlah kas di masa yang akan datang, akibat kejadian di masa yang lalu.
78. Prive adalah pengambilan modal yang dilakukan oleh pemilik.
79. Produk nasional bruto adalah pendapatan nasional yang dihitung dengan mengeluarkan faktor pendapatan dari warga negara asing yang berdomisili di negara tersebut dan hanya menghitung nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh orang yang berkewarganegaraan negara tersebut saja.

80. Produktivitas adalah perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan (input).

81. Produsen adalah orang-orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dipasarkan.

82. Rekening adalah suatu alat untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aktiva, kewajiban, modal, pendapatan, dan biaya.

83. Rekening koran adalah laporan yang diberikan bank setiap bulan kepada pemegang rekening giro yang berisikan informasi tentang transaksi yang dilakukan oleh bank terhadap rekening tersebut selama satu bulan dan saldo kas di bank.

84. Retribusi adalah pungutan yang dikenakan kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas yang disediakan oleh negara.

85. Rugi adalah keadaan dimana pendapatan yang diterima lebih kecil dari modal.

86. Saham adalah tanda kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan.

87. Saldo adalah selisih antara uang yang masuk dan yang keluar.

88. Sewa adalah uang yang dibayarkan karena meminjam sesuatu.

89. Sistem ekonomi adalah suatu proses yang menyebabkan pendapatan yang berdampak pada kehidupan masyarakat baik dalam jangka panjang maupun pendek.

90. Spekulasi adalah suatu kegiatan investasi yang dilakukan dengan cara melakukan analisis keuangan secara seksama, menjanjikan keamanan modal dan kepuasan atas tingkat imbal hasil.

91. Subsidi adalah sebuah pembayaran oleh pemerintah untuk produsen, distributor, dan konsumen bahkan masyarakat dalam bidang tertentu.

92. Suku bunga adalah pembayaran bunga tahunan dari suatu pinjaman, dalam bentuk persentase dari pinjaman yang diperoleh dari jumlah bunga yang diterima tiap tahun dibagi dengan jumlah pinjaman.

93. Surplus adalah selisih antara penerimaan dan pengeluaran dimana penerimaan yang melebihi pengeluaran.

94. Transaksi adalah persetujuan jual beli dalam perdagangan antara pihak pembeli dan penjual.

95. Transfer adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan sesesorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer.

96. Tunai adalah membayar seharga barang yang dibelinya pada saat menerima barang.

97. Uang adalah alat tukar yang diterima secara umum.
98. Upah adalah suatu bentuk pembayaran dari seorang majikan pada karyawannya dalam suatu kontrak kerja.

99. Utang adalah sesuatu yang dipinjam dari orang lain.

100. Wajib pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

0 komentar:

Posting Komentar